Home > tips and tricks > 10 Plugin WordPress Yang Penting

10 Plugin WordPress Yang Penting

Ratusan bahkan mungkin ribuan plugin tersedia di internet. Plugin membuat WordPress terus berkembang bersama ide-ide kreatif yang membuatnya seolah memiliki fitur tanpa batas. Namun semakin banyak plugin dengan fungsi serupa maupun tidak serupa membuat kita akhirnya bingung, bingung memilih plugin yang mana yang sebetulnya sangat dibutuhkan. Sebab, jangan sampai ketika Anda menggunakan banyak plugin, malah akan membuat penurunan performance

Berikut ini adalah 10 plugin standar yang dapat Anda dapatkan secara gratis dengan cara mendownloadnya dari dashboard blog WordPress Anda atau berkunjung ke situs resminya WordPress.

1.Akismet

Akismet merupakan plugin standar yang telah disediakan cms WordPress saat WordPress terinstall di dalam blog. Akismet merupakan plugin yang bisa dikatakan menjadi ‘ujung tombak’ para pemilik blog dalam menaggulangi atau mengurangi spam. Saat komentar masuk ke dalam sebuah blog yang telah terpasang plugin Akismet, maka Akismet akan mengambil data dari pusat data dan melakukan cek ricek apakah nama, email, website, alamat IP serta komentar merupakan spammer atau bukan.

2. Breadcrumb NavXT

Fungsinya untuk membuat struktur navigasi di dalam sebuah blog, sehingga saat pengunjung blog berada di suatu halaman blog maka akan muncul struktur navigasi halaman yang sedang Anda kunjungi. Hal ini ini juga berguna untuk keperluan SEO, sehingga crawl yang dilakukan search engine akan lebih merata.

3. Comment Approval Notification

Plugin yang berguna untuk memberikan notifikasi (pemberitahuan) melalui email kepada netter yang komentar yang dikirimkan di blog Anda telah disetujui, dengan plugin ini maka akan dapat mengingatkan si pemberi komentar sehingga si pemberi komentar dapat mengetahui komentar yang telah dikirmkan di blog Anda telah Anda terima dan tampilkan serta si pemberi komentar akan tetap ingat terhadap blog Anda.

4. All in One SEO Pack

Untuk keperluan SEO, maka plugin ini akan membantu blog untuk meningkatkan performa SEO. Dengan menggunakan plugin ini, maka blog dapat dioptimasi dengan memasukkan Title Blog, Deskripsi Blog dan Halaman Artikel, Kata Kunci Blog dan Halaman Artikel serta fungsi-fungsi lainnya untuk keperluan seo sehingga blog akan lebih bagus dalam bersaing di search engine.

5. Comment Reply Notification

Hampir sama dengan plugin Comment Approval Notification, namun plugin Comment Reply Notification akan mengirimkan pemberitahuan saat komentar yang dikirim oleh pengirim komentar dibalas (reply) oleh Anda. Install kedua plugin ini sehingga para pemberi komentar di blog Anda tetap ingat dan terhubung oleh Anda sehingga dapat meningkatkan kunjungan blog Anda.

6. SEO Search Terms Tagging

Plugin ini dapat melacak kata kunci yang masuk ke dalam blog Anda dan menampilkannya baik di halaman depan blog, sidebar, footer bahkan di dalam halaman statis ataupun halaman artikel. Plugin ini dapat membantu optimasi dalam mentargetkan kata kunci yang dimaksud sehinga dapat digunakan untuk banyak kegunaan, misalnya meningkatkan keyword density, sebagai data riset kata kunci dsb.

7. Simple Tags

Kegunaan utamanya adalah memanajemen / mengatur tag yang berada di dalam blog Anda, sehingga dengan plugin ini Anda dapat diberikan arahan mengenai tag yang ingin Anda berikan pada halaman Anda, mengedit tag secara masal, mengisi tag secara otomatis dsb. Simple Tags dapat digunakan juga untuk membuat “Artiekl Terkait” atau “Postingan Terkait” alias “Related Posts” seperti yang berada di dalam blog saya ini.

8. WordPress.com Stats

Sangat berguna untuk melihat statistik blog Anda, sehingga dari sini Anda dapat mengenali kelebihan dan kekurangan blog Anda dari statistik yang ada, seperti misalnya kata kunci apa yang banyak masuk ke dalam blog Anda, artikel yang paling banyak diklik atau dibaca dsb.

9. Dagon Design Sitemap Generator

Kegunaannya untuk membuat halaman sitemap di dalam blog Anda sehingga di dalam blog Anda terdapat semacam daftar isi yang berguna bagi para pengunjung blog Anda untuk menemukan artikel-artikel di dalam blog Anda.

10. Delete-Revision

Plugin ini digunakan untuk menghapus postingan berstatus “revision” / postingan revisi yang berada di dalam database blog Anda, sehingga Anda dapat menghemat kapasitas ruang penyimpanan blog Anda.

Categories: tips and tricks Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: