Home > Info IT > IT Department Tidak Efektif (bag. 1)

IT Department Tidak Efektif (bag. 1)

Salah satu cara untuk memberikan penilaian terhadap efektifitas IT dalam organisasi adalah dengan memetakan tingkatan kepuasan (satisfaction) terhadap kinerja IT.  Ada beberapa kriteria yang berpengaruh dalam IT satisfaction, yaitu mengenai tingkatan pelayanan pada pelanggan (customer), pengurangan biaya-biaya dan juga meningkatkan operasional bisnis, seperti pada gambar berikut;

Banyak perusahaan yang harus tetap melakukan investasi pada IT, jika bukan untuk meningkatkan produktifitas, paling tidak untuk meng-imbangi saingan bisnis.

Pada gambar, akan menjadi harapan bagi manajemen dan perusahaan untuk selalu berada pada posisi “high-satisfaction” , “low-spending”. Tetapi pada kenyataannya, banyak perusahaan berada pada posisi “high-spending”,”low-satisfaction”.

Kombinasi dari ketidakpuasan IT dan pengeluaran biaya yang tinggi telah membuat suatu kritikal program dalam memperbaiki departemen IT.  Kendala dalam efektifitas IT yang dihadapi oleh manajer IT dan senior manajemen dalm organisasi menjadi prioritas organisasi saat ini.

Ada 4 kategori dari kendala yang bisa menjadi penyebab departemen IT TIDAK efektif, yaitu;

1. Business satisfaction
2. Budgeting
3. Projects
4. Staffing

Business Satisfaction;

Banyak perusahaan mengalami masalah karena tidak harmonisnya hubungan antara departemen IT dan bisnis sehingga menjadi penilaian yang tidak baik terhadap departemen IT. Ketidakpuasan dari bisnis dapat dijelaskan beberapa hal sebagai berikut;

1. Pimpinan bisnis unit tidak puas dengan performance IT dan dukungan IT dalam operasional sehari-hari

2. Bisnis manajer tidak percaya dengan komitmen IT dalam menyelesaikan tugas-tugasnya

3. Bisnis tidak percaya bahwa IT mempunyai tujuan yang sama dalam bisnis, ada dugaan bahwa IT tidak peduli untuk mencapai kesuksesan bisnis

4. Bisnis manajer dan user tidak mengetahui / mengerti prioritas dari departemen IT

5. IT menyatakan bahwa bisnis tidak menghargai mereka, dan/atau tidak peduli, dan tidak menyertai IT dalam proses pembuatan keputusan

6. Bisnis unit membawa IT dalam pembuatan keputusan yang berpengaruh pada system pada saat terakhir atau tidak sama sekali

7. Bisnis unit membuat dan menjalankan system atau aplikasi tanpa masukan atau bantuan dari IT

8. bisnis unit menyalahkan IT mengenai kehilangan peluang bisnis atau kegagalan projek

Categories: Info IT Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: